Dekan FKIP ULM Membangun Gerakan Jum’at Sehat dan Bersih

Banjarmasin - Selaras dengan Visi FKIP ULM menjadi fakultas penyelenggara dan penghasil tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang berkarakter, unggul dan berdaya saing pada bidang lingkungan lahan basah, Dekan FKIP membangun gerakan jum’at sehat dan bersih. Gerakan ini dibangun dalam rangka membudayakan perilaku Hidup Bersih dan Sehat di lingkungan kampus utamanya di fakultas. Demi kebersihan FKIP dan lingkungannya, Dekan FKIP mengajak seluruh civitas akademika yang dimulai dari jajaran Dekanat, Kabag TU, Kepala Sub. Bagian, dan seluruh staff yang berkantor di Gedung Character Building di kalangan yang masih terbatas karena masih masa pandemic covid-19 untuk berolah raga ringan jalan santai sambil melakukan pembersihan di seluruh areal kantor termasuk taman kantor, Jum’at (26/03).

Program kerja yang dilakukan setiap hari Jum’at pagi di lingkungan FKIP ULM sudah berjalan dua kali dengan rencana dilaksanakan dua kali dalam satu bulan. Kegiatan ini biasanya digunakan untuk melakukan kerja bhakti, membersihkan lingkungan halaman kantor ataupun ruangan kantor. Gerakan Jum’at Bersih ini kadang disertai dengan olahraga senam pagi atau jalan sehat, sehingga budaya Jum’at bersih bisa berkembang menjadi Jum’at sehat. Karena perilaku atau kebiasaan hidup bersih dapat membuahkan pola hidup sehat dan bersih di tempat kerja masing-masing. Lingkungan tempat kerja yang sehat akan mendukung sikap kerja yang sehat pula, sehingga akan mempengaruhi pruduktivitas kerja yang berkualitas.

Untuk Jum’at bersih kali ini, ibu-ibu bertugas menyapu, sedangkan bapak-bapak bertugas mengangkut sampah, memotong rumput, membersihkan kolam yang sudah dipenuhi sampah plastik, menimbun lubang-lubang akibat kikisan air hujan dan menyusun kembali batu-batu yang tercecer. Pada akhir kegiatan pimpinan dan seluruh staff yang ikut kegiatan jumat sehat dan bersih sarapan bersama yang telah disediakan oleh Bagian Umum dan BMN Fakultas.

Kepala Bagian Tata Usaha Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan ULM, ikut berpartisipasi mengambil bagian pembersihan menyapu halaman parkir dan membersihkan sampah plastik yang berserakan di sekitar area parkir. “Tujuan kegiatan Gerakan Jum’at Sehat dan Bersih ini adalah selain berolahraga ringan menjaga agar tubuh tetap sehat juga menumbuhkan rasa memiliki di kalangan civitas akademika dan menciptakan budaya akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, sehingga suasana di kantor atau tempat kerja akan terasa nyaman dan terpelihara dengan baik,“ kata Ani Isdiati Basri.

Ditambahkan Ani, bahwa kegiatan ini merupakan tanggung jawab sebagai kita bersama sebagai ASN untuk bisa memberi contoh hal yang positif terutama dalam hal menjaga kesehatan dan kebersihan dilingkungan kerja yang dilakukan rutin dengan jadwal yang sudah ditentukan setiap hari Jum’at yang dilaksanakan dua kali dalam satu bulan. (Mas-ICT)

Dokumentasi Kegiatan

Dokumentasi Kegiatan

Terkait

Vaksinasi Covid-19 di Lingkungan FKIP ULM

Senin, 8 Maret 2021 Telah dilaksanakan Vaksinasi di...

Kerjasama Antara FKIP ULM dengan FKIP UNMUL

4 Maret 2021, Telah dilaksanakan penandatangan...

Kerjasama Antara FIP UNNES dengan FKIP ULM

4 Maret 2021, Telah dilaksanakan penandatangan...

Wisuda Ke-100 Universitas Lambung Mangkurat

FKIP DAN FT MENYELENGGARAKAN WISUDA OFFLINE BERSAMA DI...

Seleksi Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (MAWAPRES) Tingkat FKIP ULM

Telah Berlangsung kegiatan Seleksi Pemilihan Mahasiswa...

PEMILIHAN MAHASISWA BERPRESTASI FKIP 2020

FKIP 1 Banjarmasin, 10 Maret 2020. Di pagi yang cerah, 14...