ULM PNG Baru

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Perkuat Kerja Sama Luar Negeri, FKIP ULM Adakan Lawatan ke UPSI

10-12/06/20

Rombongan di Fakulti Sains Matematika (doc. UPKH)
Rombongan di Ffakulti Sains Kemanusiaan (doc. UPKH)
Rombongan di Fakulti Bahasa dan Komunikasi (doc. UPKH)
Rombongan di fakulti Muzik dan Seni Persembahan (doc. UPKH)

Perak, Malaysia – Sejumlah pengelola dan dosen pada beberapa Program Studi (PS) di lingkungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) pada 10-12 Juni 2024 mengadakan kunjungan akademik ke Universitas Pendidikan Sultan Idris (UPSI) dalam rangka menjalin kerja sama sekaligus mengimplementasikannya. Kerja sama yang disepakati meliputi join research, visiting lecturer, dan pertukaran mahasiswa.

Rombongan yang mengikuti kegiatan ini terdiri atas pimpinan fakultas yaitu Wakil Dekan Bidang Akademik, Deasy Arisanty; Wakil Dekan Bidang Umum dan keuangan, Dharmono; Wakil Dekan Bidang kemahasiswaan dan Alumni, Ali Rachman; Ketua Unit Pengelola Kerja sama dan Hubungan masyarakat (UPKH), Emma Rosana Febriyanti; Sekretaris UPKH Bidang kerja sama, Dewi Dewantara, serta sejumlah koordinator, sekretaris, dan dosen Program Studi (PS) di antaranya dari PS Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), PS Pendidikan Sejarah PS Pendidikan Sosiologi, PS Pendidikan Kimia, PS Pendidikan Fisika, PS Pendidikan Seni Pertunjukan, dan PS Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Mereka disambut oleh para dekan dan deputi dekan di 4 fakultas yaitu Fakulti Bahasa dan Komunikasi, Fakulti Sains Kemanusiaan, Fakulti Sains Matematika, dan Fakulti Muzik dan Seni Persembahan.

Di Fakulti Bahasa dan Komunikasi diadakan penandatangan kerja sama sekaligus kegiatan kuliah umum yang menghadirkan 2 narasumber yaitu Guru Besar UPSI, Safinah yang menyampaikan mengenai Cultural Responsive Pedagogy (CRP) dalam Pembelajaran Bahasa Inggris, dan Guru Besar ULM, Jumadi yang menyampaikan mengenai Analisis Wacana Kritis dalam Pembelajaran Bahasa.

Di Fakulti Sains Matematika, rombongan disambut oleh Dekan, Mohd. Faizal Nizam Lee Bin Abdullah; Deputi Dekan Riset dan Inovasi, Noorshida Binti Mohd. Ali; Deputi Dekan Bidang Akademik dan Internasional, Som Cit Si Nang; Deputi Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Mohd. Ikhwan Hadi Bin Yaacob; dan Deputi Dekan Bidang Jaringan Industri dan Komersialisasi, Fatimah Azzahra Binti Ahmad Rasyid. Di fakulti ini diadakan penandatangan perjanjian kerja sama diikuti pembahasan rencana kerjasama lalu berlanjut ke pembahasan masing-masing PS terkait implementasi kerjasama. Kegiatan diakhiri dengan mengunjungi museum sains.

Di Fakulti Sains Kemanusiaan, rombongan disambut oleh Dekan, Nor Kalsum Binti Mohd. Isa; Deputi Dekan Bidang Akademik dan Internasional, Vasanthan A.L. Gurusamy; Deputi Dekan Bidang Riset dan Inovasi, Abd. Hadi Borham; dan deputi Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Abu Zarrin Selamat. Dalam pertemuan ini diadakan penandatangan perjanjian kerja sama serta diskusi rencana implementasi kerjasama.

Penandatangan kerja sama dan diskusi rencana impementasi juga diadakan di Fakulti Muzik dan Seni Persembahan. Rombongan yang terdiri dari pengelola PS Pendidikan Seni Pertunjukan didampingi Wakil Dekan Bidang kemahasiswaan dan Alumni, Ali Rachman, diterima oleh Dekan, Muhammad Fazli Taib Bin Saearani.

Ali Rachman yang juga membawahi bidang kerja sama FKIP mengharapkan agar rencana implementasi yang telah disepakati oleh masing-masing PS dapat direalisasikan secepatnya dan dapat sebesar-besarnya memberi manfaat untuk pencapaian IKU. “Rencana seperti pertukaran mahasiswa, visiting lecturer atau join research semuanya penting dalam usaha pengembangan PS sekaligus pencapaian IKU, kami tentu mendorong hal tersebut,” ujarnya. (admin)

Berita Terbaru
Kategori