Seminar Nasional Program Studi Bimbingan Konseling di Awal 2023

08/01/2023

Banjarmasin – Program Studi (PS) Bimbingan Konseling (BK) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) mengawali tahun ini dengan kegiatan akademik non perkuliahan berupa seminar nasional dengan tema Implementasi SDGs (Pembangunan Berkelanjutan) dalam Menghadapi Dinamika Masyarakat di Bantaran Sungai. Seminar nasional ini diadakan pada Sabtu, 7 Januari 2023 mulai pukul 08.00-16.00 WITA bertempat di ruang zoom dan aula gedung Rektorat ULM lantai 1. Seminar ini menghadirkan narasumber pakar budaya Banjar sekaligus dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisipol) ULM, Dr. Taufik Arbain, S.Sos., M.Si., serta dosen di lingkungan PS BK FKIP ULM, Dr. Nina Permata Sari, S.Psi., M.Pd., dan Eklys Cheseda, M.Pd.

Seminar dilaksanakan dengan kombinasi daring dan luring (hybrid). Melalui aplikasi zoom, peserta yang hadir sekitar 100 orang, dan peserta di aula gedung Rekrotat lantai 1 berjumlah lebih dari lima puluh peserta yang sebagian besar merupakan mahasiswa baru PS BK. Menurut Koordinator PS BK, Dr. Ririanti Rachmayani J, S.Psi., M.Pd., seminar nasional adalah bagian dari mata kuliah Problematika perilaku anak di Bantaran Sungai. Hakikatnya, ia merupakan bentuk luaran mata kuliah yang menggunakan pembelajaran tim berbasis proyek jasa kontraktor yang salah satu aktivitas perkuliahannya adalah mahasiswa melakukan observasi dan wawancara dengan masyarakat di sekitar bantaran sungai wilayah Berangas Barat, Kabupaten Batola. “Hasilnya kemudian disampaikan dalam bentuk seminar ini,” pungkasnya.

Menariknya, seminar ini disiapkan oleh mahasiswa pengambil mata kuliah itu sendiri. Mereka sekaligus dididik untuk mengelola sebuah kegiatan ilmiah dan berlatih mengorganisir. Hal tersebut merupakan pengalaman yang berharga selain pengalaman berinteraksi dengan masyarakat yang telah mereka dapat dalam perkuliahan. Kegiatan ini sendiri menguatkan langkah FKIP ULM untuk memaksimalkan perkuliahan dengan dua metode utama yaitu pembelajaran berbasis penyelesaian masalah (case-based method) dan pembelajaran berbasis proyek tim (project-based method). (admin)