Peresmian Program Bank Sampah FKIP ULM oleh Deputi Kebudayaan U.S. Embassy

27/01/2023

Sambutan Dekan FKIP ULM, Dr. Chairil Faif Pasani, M.Si. (doc. ICT FKIP ULM)

Banjarmasin – Jumat, 27 Januari 2023, Himpunan Mahasiswa Program Studi (PS) Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) mengadakan kegiatan sosialisasi dan pembentukan bank sampah FKIP ULM bertempat di aula Hasan Bondan mulai pukul 14.30-18.00 WITA. Kegiatan ini merupakan satu program inisiasi dari AEIF (Alumni Engagement Innovation Fund) yang diketuai oleh Novita Alfinuri, B.Sc, M.A. dari UIN Antasari dengan anggota lainnya yaitu ketua tim, Herry A. Pradhana, M.BA. dari Balitbangda Kalsel, dan koordinator program, Muhammad Elmy dari PS PKn FKIP ULM. Program ini bernama Waste Bank Community. Kegiatan sosialisasi dan pembentukan bank sampah ini dihadiri oleh Deputi Bidang Kebudayaan Kedutaan Besar Amerika Serikat (U.S. Embassy), Mary Trechock, dan dibuka secara resmi oleh Dekan FKIP ULM, Dr. Chairil Faif Pasani, M.Si. Kegiatan ini dihadiri oleh Koordinator PS PKn FKIP ULM, Dr. Mariatul Kiptiah dan sejumlah dosen PS PKn FKIP ULM.

Dalam sambutannya, Faif Pasani menyambut antusias program ini yang dengannya pengelolaan sampah di kota Banjarmasin menjadi semakin baik. Ia juga menyampaikan bahwa inisiasi bank sampah juga telah dilakukan sejumlah kelompok mahasiswa yang mengikuti kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Bina Desa tahun 2022 di beberapa desa di Kabupaten Barito Kuala. “Hadirnya program ini di Banjarmasin dan dikelola mahasiswa FKIP ULM akan semakin menguatkan pengelolaan sampah kota Banjarmasin,” ujarnya.

Menurut koordinator program yang juga dosen PS PKn, Elmy, program bank sampah ini hadir di beberapa lokasi di Banjarmasin, yaitu daerah Kuin, Murung Raya, dan Basirih. “U.S. Embassy mendanai program ini terutama pada pengorganisasian waste-bank community dan sosialisasi programnya,” jelasnya. (admin)

Foto bersama Deputi Kebudayaan U.S. Embassy, Mary Trechock; Dekan FKIP ULM, Dr. Chairil Faif Pasani, M.Si.; Koordinator PS PKn FKIP ULM, Dr. Mariatul Kiptiah, M.Pd., dan dosen-dosen PS PKn FKIP ULM