RAT Koperasi Pegawai Tri Civitas FKIP ULM

16/02/2023

Foto bersama RAT Koperasi Tri Civitas FKIP ULM

Banjarmasin – Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KP-RI) Tri Civitas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) kembali menggelar Rapat Akhir Tahun (RAT) dalam rangka mempertanggungjawabkan programnya selama tahun 2022 sekaligus ajang silaturahmi antaranggota koperasi di aula Hasan Bondan FKIP ULM pada Kamis, 16 Februari 2023. Acara ini dibuka oleh Rektor ULM, Ahmad. Dalam sambutannya, rektor berharap ke depannya agar koperasi FKIP ULM yang telah mapan dengan anggota terbesar di ULM ini dapat menjadi lebih besar lagi dan menjadi koperasi tingkat universitas dengan memberikan akses keanggotaan untuk pegawai di fakultas lain. Koperasi FKIP ULM yang sudah berjalan baik ini juga diharapkan agar bisa memperluas usaha agar lebih berdaya lagi. Bidang usaha yang diusulkan Rektor ULM meliputi bidang jasa seperti travel, dan sejumlah bisnis pertanian.

Merespon ini, ketua pengurus koperasi FKIP ULM, Mariatul Kiptiah dalam sambutannya menyampaikan bahwa pengurus mendukung ide ini dan perlu menguatkan komitmen dan kerjasama dari semua anggota. “Kita tentu memikirkan kemungkinan untuk perkembangan ke depan dari berbagai unit usaha ini, selain juga perlu mempersiapkan berbagai hal seperti revisi AD/ART, penataan administrasi, dan lainnya. Tentunya kita perlu waktu untuk menata semua itu. Semoga bisa berlancar sesuai harapan kita semua.” ujarnya.

Sampai saat ini anggota koperasi FKIP ULM tercatat sebanyak 319 orang dengan jumlah simpanan anggota mencapai Rp3.040.279.000,00 dengan aspek keuangan yang baik meliputi aktiva lancar, investasi, aktiva tetap, hutang dan modal yang cenderung meningkat. Total aset pada 2022 mencapai Rp9.084.835.739,00, mengalami kenaikan sebesar 5,9% dibanding tahun sebelumnya. Koperasi FKIP ULM juga telah menyalurkan bantuan musibah banjir kepada anggota koperasi di wilayah kalimantan Selatan, khususnya di Kota Banjarmasin sebesar Rp8.000.000,00.

Koperasi FKIP ULM dikelola oleh Mariatul Kiptiah sebagai ketua, Maulana Rizky sebagai sekretaris, Noor Fajriah sebagai bendahara, dengan pengawas Suratno sebagai ketua, Cayandrawati dan Harpani Matnuh sebagai anggota, serta Dekan FKIP ULM, Chairil Faif Pasani sebagai pembina. Koperasi FKIP ULM juga memiliki staf, diantaranya Maisunah, sebagai kasir; Murtinah, sebagai pengawas debitur; Siti Komariah di bagian kasir; Putri Khairunnisa, bagian administrasi; Halidah dan Widyawati, karyawan toko.

Selain pertanggungjawaban pengurus, seperti tradisi di tahun sebelumnya, ada banyak bingkisan yang disediakan bagi para anggota yang mengikuti jalannya RAT. Pembagian doorprize merupakan satu sesi paling meriah dan yang paling ditunggu-tunggu anggota selain pembagian SHU (Sisa Hasil Usaha) koperasi. (admin)

Suasana RAT Koperasi Tri Civitas FKIP ULM