Pengukuhan Guru Besar PS PPKn Prof. Dr. Hj. Fatimah, M.Hum.

16/03/2023

Pengukuhan Guru Besar Prof. Dr. Hj. Fatimah, M.Hum.

Banjarmasin – Berdasarkan Surat Keputusan (SK) Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 1781/07/2023 Tahun 2023 tentang Kenaikan Jabatan Akademik/ Fungsional Dosen, pada Kamis, 16 Maret 2023, Fatimah resmi dikukuhkan sebagai Guru Besar dalam sidang terbuka Senat Universitas Lambung Mangkurat yang diselenggarakan di Aula rektorat ULM lantai 1. Dalam salinan SK, terhitung sejak 1 Desember 2023, Fatimah telah berstatus sebagai Profesor/ Guru Besar dalam bidang ilmu evaluasi pendidikan kewarganegaraan. Acara pengukuhan ini dihadiri oleh anggota senat ULM, termasuk anggota senat ULM dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) ULM, serta para tamu undangan termasuk jajaran dosen program Studi (PS) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn).

Dalam pidato pengukuhannya, Fatimah menyampaikan mengenai evaluasi pembelajaran PPKn. Pidato dengan judul Dinamika Penilaian PPKn dalam Linimasa Kurikulum Pendidikan di Indonesia ini menguraikan mengenai penilaian pembelajaran PPkn dari masa ke masa mulai dari kurikulum 1957, kurikulum tahun 1964, kurikulum 1968, kurikulum 1984, kurikulum 1973, kurikulum 1994, kurikulum 2004 (KBK atau Kurikulum Berbasis Kompetensi), kurikulum 2006 (KTSP atau Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan), kurikulum 2013, dan kurikulum Merdeka. Di dalam pemaparannya, Fatimah menjelaskan perbedaan, kekhasan, dan titik tekan penilaian pembelajaran pada masing-masing kurikulum.

Sementara itu, dalam sambutannya, Rektor ULM, Ahmad menyambut gembira pengukuhan ini. Menurutnya, bertambahnya Guru Besar di lingkungan ULM semakin menguatkan pencapaian IKU (Indikator Kinerja Utama) ULM. Dalam kesempatan ini, Ahmad kembali mengingatkan tentang kesiapsiagaan ULM menghadapi PEPA (Pemantauan Evaluasi Peringkat Akreditasi). Ia berharap semua pihak di lingkungan ULM berkomitmen melancarkan usaha penjagaan peringkat akreditasi ULM agar tetap di posisi A dan kalau bisa, unggul. (admin)

Anggota Senat ULM