Gelar Seminar Nasional, PS Pendidikan Sosiologi FKIP ULM Undang Narsum Luar Negara

04/04/2023

Wakil Dekan Bidang Akademik, Atiek Winarti membuka kegiatan seminar nasional PS Psendidikan Sosiologi FKIP ULM.

Banjarmasin – Selasa, 4 April 2023, Program Studi (PS) Pendidikan Sosiologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) mengadakan Seminar Nasional dengan tajuk “How to be A Social Researcher?“. Seminar ini dilaksanakan di General Building ULM mulai pukul 09.00-12.30 WITA. Narasumber dalam seminar nasional ini adalah Claire Conklin Sabel. Ia adalah kandidat doktor (Ph.D.) di History and Sociology of Science, University of Pennsylvania, Amerika Serikat. Narasumber lainnya adalah Anton Novenanto, dosen jurusan Sosiologi di Universitas Brawijaya. Moderator dalam acara ini adalah Rizky Amelia, dosen Bahasa Inggris Politeknik Banjarmasin. Acara dihadiri dosen PS Pendidikan Sosiologi dan sejumlah dosen dari Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (PJIPS) FKIP ULM dan tentu saja, mahasiswa PS Pendidikan Sosiologi. Acara dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Akademik FKIP ULM, Atiek Winarti.

Dalam sambutan pembukaannya, Atiek menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan yang dilakukan oleh PS Pendidikan Sosiologi. Menurutnya kegiatan ini menunjang persiapan PS Pendidikan Sosiologi dalam rencana akreditasi internasional yang akan dijalani. Dalam kesempatan ini ia juga menantang mahasiswa PS Pendidikan Sosiologi agar terinsipirasi dari dua pembicara yang studinya bisa sampai ke luar negeri. “Suatu waktu, mahasiswa akan berkunjung ke prodi untuk mengisahkan perjalanan studinya di luar negeri. Harapan kita semua seperti itu,” ungkap Atiek.

Kedua narasumber sendiri memfokuskan materi yang dipresentasikan pada pembahasan mengenai peneliti dan penelitian bidang sosiologi. Claire misalnya menyampaikan mengenai penelitiannya tentang pencarian orang Eropa akan permata di Nusantara yang memang tidak terekspos luas, namun justru menjadi agenda penting imperalisme Barat. Dalam presentasinya ia juga menyampaikan hal penting yang harus diperhatikan sesiapa yang ingin menjadi peneliti, diantaranya mengkaji sumber daya apa yang dimiliki, keterampilan yang dibutuhkan, bukti dan data yang diperlukan, serta argumen dan penafsiran apa yang akan dihasilkan. Sementara itu, narasumber lainnya, Anton, menyampaikan dengan lebih detil dan teknis lagi apa dan bagaimana seorang peneliti itu. (admin)

Narasumber dan Moderator Seminar Nasional PS Pendidikan Sosiologi FKIP ULM. dari kiri ke kanan: Rizky Amelia, Claire Conklin Sabel, Anton Novenanto.
Peserta Seminar Nasional PS Pendidikan Sosiologi FKIP ULM.