Pengukuhan Darmiyati, FKIP ULM Menambah Guru Besar Bidang Evaluasi Pendidikan

02/08/2023

Sidang Senat Terbuka ULM 2 Agustus 2023

Banjarmasin – Rabu, 2 Agustus 2023, Rektor Universitas Lambung Mangkurat (ULM), Ahmad, mengukuhkan lima orang Guru Besar melalui Rapat Senat Terbuka yang diadakan di Aula Rektorat ULM lantai 1 dan dihadiri anggota Senat ULM dan para undangan. Para Guru besar yang dikukuhkan ini adalah Abdul Ghofur dari Fakultas Teknik, Fahmi Rizani dan Ahmad Yunani dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Rahmida Erliyani dari Fakultas Hukum, dan Darmiyati dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Pengukuhan Darmiyati ini menambah jumlah dosen FKIP ULM yang bergelar profesor dari 20 menjadi 21 orang.

Darmiyati yang merupakan dosen Program Studi (PS) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) ini resmi berstatus Guru Besar melalui Surat Keputusan (SK) Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) Nomor 25446/M/07/2023 tentang Kenaikan Jabatan Akademik/ Fungsional Dosen. Pengukuhan Darmiyati ini disambut gembira oleh Dekan FKIP ULM, Sunarno Basuki. Menurutnya penambahan Guru Besar menjadi salah satu bukti pencapaian kinerja fakultas menuju kampus yang memiliki tenaga pengajar dengan publikasi internasional yang baik. Ia berharap dosen dengan jabatan akademik Guru Besar di lingkungan FKIP ULM dapat terus ditingkatkan.

Dalam pidato pengukuhannya, Darmiyati menguraikan mengenai penelitiannya tentang model asesmen portofolio sebagai penguatan project based learning pada kurikulum merdeka. Dalam pidatonya, Darmiyati menjelaskan bagaimana asesmen portofolio yang mengedepankan dokumentasi pengalaman belajar dan hasil kerja siswa yang memosisikan siswa sebagai sentral pembelajaran sangat cocok digunakan untuk menguatkan pembelajaran berbasis proyek yang berpusat pada bagaimana siswa baik secara individu dan kelompok mengerjakan satu proyek pembelajaran yang menghasilkan produk kerja.

Selamat kepada Prof. Dr. Darmiyati, S.Pd., M.Pd. Semoga dapat terus memberikan kontribusi terbaik pada almamater dan menjadi inspirasi bagi para dosen lainnya di lingkungan FKIP ULM. (admin)

Pidato pengukuhan Guru Besar FKIP ULM, Darmiyati (Doc. Andika Humas ULM)