PS Pendidikan Biologi FKIP ULM Capai Predikat Unggul Akreditasi LAMDIK 2023

07/08/2023

Pengumuman nilai akreditasi PS Pendidikan Biologi FKIP ULM di Laman LAMDIK

Banjarmasin – Tiga pekan pasca Asesmen Lapangan (AL) akreditasi Program Studi (PS) Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lambung Mangkurat (ULM), hasil penilaian keluar dengan predikat Unggul dengan U besar. Ucapan selamat pertama kali disampaikan Dekan FKIP ULM, Sunarni Basuki. Dengan prestasi gemilang ini, 12 PS yang telah direakreditasi oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan (LAMDIK) semuanya berhasil mencapai predikat unggul. Hal tersebut tentu sangat menggembirakan sekaligus patut disyukuri sebagai rahmat Tuhan yang Maha Kuasa.

Terkait predikat unggul ini, Koordinator PS Pendidikan Biologi, Aminuddin Prahatama Putra menyampaikan rasa bahagianya. Menurutnya, ungkapan “hasil tidak akan mengkhianati usaha” merupakan gambaran dari kinerja yang sudah ditunjukkan oleh civitas PS Pendidikan Biologi atas hasil unggul dari LAMDIK ini. “Tentu perasaan bangga, gembira, bahagia, menjadi gambaran dari perasaan kami semua di PS. Ini kerja kolektif kolegial dengan mengedepankan semangat kebersamaan antara dosen, tendik, mahasiswa, alumni, dan pengguna yang didukung oleh Pimpinan FKIP dan Rektorat ULM tercinta. Terima kasih atas dukungan, doa, dan apresiasi yang sudah diberikan kepada PS Pendidikan Biologi FKIP ULM,” ungkapnya dengan haru.

Terkait persiapan, menurut Aminuddin proses persiapan untuk akreditasi LAMDIK ini sudah dilakukan jauh-jauh hari yang dimulai dari pembentukan tim Taskforce agar masing-masing koordinator dari 9 kriteria akreditasi dapat mempersiapkan LED (Laporan Evaluasi Diri) nya sesuai dengan standar jaminan mutu sehingga gambaran aktual saat persiapan dan apa yang harus dilakukan berikutnya terkait kinerja PS Pendidikan Biologi dapat diketahui.

Menurut Aminuddin lebih lanjut, keunggulan PS Pendidikan Biologi yang mendapat apresiasi para asesor diantaranya terimplementasinya unggulan Lahan Basah pada segenap aspek tridarma. Dalam bidang pembelajaran mulai dari RPS (Rencana Pembelajaran Semester -red), buku atau bahan ajar, media, sampai evaluasi pembelajaran secara konsisten dilaksanakan bermuatan lahan basah dan kearifan lokal. Dalam bidang penelitian dan pengabdian masyarakat, dosen bersama mahasiswa selalu mengaitkan unggulan lahan basah saat pelaksanaan riset atau saat mengabdi ke masyarakat. “Secara konsisten juga luaran yang dihasilkan baik dalam bentuk bahan ajar, media pembelajaran, dan prosiding atau artikel yang publish di jurnal nasional atau internasional adalah produk kegiatan lahan basah. Luaran tersebut juga dijadikan daftar rujukan RPS mata kuliah sesuai dengan CPMK (Capaian Pembelajaran Mata Kuliah -red) yang ditulis. PS Pendidikan Biologi bersama Yayasan Sahabat Bekantan juga memiliki pusat kegiatan riset di Pulau Curiak yang telah membentuk banyak kerjasama dengan berbagai pihak baik nasional dan internasional. Beberapa karya penelitian bersama internasional, publikasi bersama internasional, dan pembicara internasional telah terimplementasi dari wujud kerja sama tersebut,” ungkapnya.

Terkait dukungan fakultas, Aminuddin menyampaikan apresiasinya. “Dukungan FKIP sangat luar biasa terhadap proses akreditasi PS Pendidikan Biologi. Peran UPM (Unit Penjamin Mutu -red)yang sungguh-sungguh mendampingi PS mulai dari persiapan, dan bimbingan masing-masing kriteria dalam pengisian borang akreditasi sangat berimplikasi terhadap pemahaman dan tanggung jawab Tim Taskforce. Pemahaman yang baik inilah yang berdampak pada peningkatan kinerja untuk terus berusaha menutup kekurangan nilai borang (LED -red) agar bisa terisi maksimal,” ujarnya.

Sementara itu, secara terpisah, Ketua UPM FKIP ULM sekaligus Wakil Dekan Bidang Akademik, Atiek Winarti menyampaikan rasa syukurnya. PS Pendidikan Biologi mengawali reakreditasi PS di lingkungan pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA). Menurut Atiek, orientasi asesor di lingkungan MIPA yang cenderung melihat dari kacamata sains murni cukup membuat deg-degan. “Terutama saat menilai laboratorium, seringkali kacamata yang dipakai adalah kacamata dalam menilai lab sains murni. Meski demikian, kita percaya diri karena lab kita sudah melakukan pengadministrasian dengan baik. SOP (Prosedur Operasional Standar -red) kita sudah lengkap ditambah penggunakan aplikasi, menunjukkan kualitas lab yang baik,” ujar Atiek.

Selamat kepada PS Pendidikan Biologi FKIP ULM, semoga dapat terus mempertahankan dan jika bisa meningkatkan ke akreditasi internasional. (admin)

Ucapan Selamat dari Pimpinan FKIP ULM