FKIP ULM Sambut 2 Mahasiwa Program SEA Teacher dari SLU Filipina

04/09/2023

Foto bersama Dekan FKIP ULM, para Wakil Dekan, dan mahasiswa asing program SEA Teacher.

Banjarmasin – Dua orang mahasiswa program SEA (Southeast Asian) Teacher SEAMEO (The Southeast Asian Minister of Education Organization) tahun 2023 dari SLU (Saint Louis University), Filipina, pada 4 September 2023 tiba di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin. Mereka adalah Shainna D. Padang dari social studies dan Mclaine P. Fonacier dari English Study di Teacher and Training Education SLU. Mereka disambut langsung oleh Dekan FKIP ULM, Sunarno Basuki dan para wakil dekan: Wakil Dekan Bidang Akademik, Atiek Winarti; Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan, Imam Yuwono; dan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dwi Atmono; Koordinator Program Studi (PS) Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Mutiani; Koordinator PS Pendidikan Bahasa Inggris, Mohammad Yamin, para Korprodi sekaligus berperan sebagai Dosen Pembimbing Lapangan (DPL. Penyambutan dilaksanakan di ruang Dekan FKIP ULM.

Dalam sambutannya, Sunarno Basuki mengharapkan agar kedua mahasiswa bisa betah selama sebulan berada di Banjarmasin. Sejalan dengan itu, Atiek berharap agar mahasiswa bisa beradaptasi, terutama karena ini kali pertama mereka keluar negeri. “Beruntung kita sudah memiliki mahasiswa Filipina yang baru saja lulus studi di FKIP ULM, karena mereka belum kembali ke negaranya, mereka diharapkan bisa mendampingi kedua mahasiswa ini mengingat keduanya juga belum bisa berbahasa Indonesia sama sekali. Karena program ini adalah program praktik mengajar, dan atas kesepakatan yang sudah dibuat dengan dua boardingschool di Kalsel, GIBS dan SMAN Banua, kegiatan mereka akan difokuskan di GIBS,” jelas Atiek.

Berdasarkan jadwal kegiatan mereka selama di Banjarmasin, sejak 5 September hingga menjelang kepulangan, mereka akan berada di GIBS (Global Islamic Boarding School). Mereka juga akan menginap di asrama sekolah tersebut. Kegiatan mereka utamanya adalah praktik mengajar dengan diawali pembelakan baik dari Unit Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) FKIP ULM, maupun DPL. Mereka juga diwajibkan membuat jurnal kegiatan dan laporan.

Selamaat datang di FKIP ULM kepada Shainna D. Padang dan Mclaine P. Fonacier. Semoga pengalaman selama berada di Kalimantan Selatan dapat memberi banyak manfaat. (Admin)

Penyambutan mahasiswa asing program SEA Teacher di GIBS.