Sukses Melaksanakan Kegiatan Pembinaan, Tim PPK Ormawa PS Penjas FKIP ULM Siap divisitasi

02/11/2023

Foto bersama rapat persiapan visitasi PPK Ormawa PS Penjas FKIP ULM

Banjarmasin – Himpunan Mahasiswa (Hima) Pendidikan Jasmani (Penjas) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) menjadi salah satu tim Salah satu tim mahasiswa yang terpilih untuk divisitasi Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) terkait Program Penguatan Kapasitas (PPK) Organisasi Mmahasiswa (Ormawa) tahun 2023. Menjelang visitasi, tim mengadakan rapat persiapan bersama Wakil Dekan Bidang Kemahasiswan dan Alumni FKIP ULM, Ali Rahman; tim pembina, Jumariati dan Muhammad Rahmattullah; Koordinator PS Penjas, Rahmadi; dan Dosen Pembimbing, Lazuardi Akbar Fauzan. TIm PPK Ormawa sendiri terdiri dari Alitya Putra Maulidan, Muhammad Adlian Ashafiq, Mutia Kastaniah, Maria Agnesia Panggabean, Aulia Noorliyani, Rahma Azizah, Nur Rima, dan Novita Puji Lestari

Tim yang diketuai Alitya Putra ini melakukan kegiatan pembinaan dan pengembangan olahraga unggulan loncat indah berbasis kearifan lokal di kelurahan Teluk Dalam dalam rangka mewujudkan wilayah itu sebagai kelurahan olah raga. Alitya menerangkan bahwa mereka turut melibatkan pemangku kelurahan hingga masyarakat sekitar. “kenapa pembinaan dan pelatihan olahraga ini dilaksanakan di kelurahan Teluk Dalam, karena kolam renang Mulawarman yang memiliki fasilitas olahraga loncat indah berada di kelurahan Teluk Dalam. Terlebih anak-anak di sekitar kelurahan sering melakukan aktivitas di sungai, seperti berenang, melompat dari atas jembatan. Hal seperti itulah yang kami cari, karena olahraga loncat indah memerlukan keberanian yang cukup besar, karena kan mereka nantinya akan loncat dari papan loncat yang tinggi,” ujarnya

Menurutnya lebih lanjut, kegiatan ini mendapatkan respon positif dari warga. “Lurah Teluk, Pak Mukhlis Adha menyampaikan bahwa Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi anak-anak dalam mengembangkan minat dan bakat olahraga. Lurah juga berharap agar program ini dapat terus berlanjut dan memberikan dampak positif bagi perkembangan anak-anak di Kelurahan Teluk Dalam,” tambah Alitya.

Pada program ini tim ormawa membantu melatih teknik dasar loncat indah, meningkatkan kebugaran fisik, serta memberikan pendampingan dan arahan kepada para calon atlet. Melalui upaya ini, diharapkan para calon atlet loncat indah dapat mengembangkan potensi mereka serta dapat menorehkan prestasi. Keterlibatan mahasiswa ini dalam membina dan melatih olahraga loncat indah diharapkan dapat membantu perkembangan olahraga ini di daerah. Selain itu, ke depan, melalui program ini diharapkan lahir atlet muda berbakat yang dapat berprestasi di tingkat nasional maupun internasional.

Menurut dosen pendamping, Lazuardi, program ini melibatkan sejumlah pihak, diantaranya, pemangku Kelurahan Teluk Dalam, KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia) Kota Banjarmasin, KONI Provinsi Kalimantan Selatan, Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Kota Banjarmasin, PRSI Kalimantan Selatan, Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin, pelatih loncat indah, dan Ikatan Alumni Jurusan Pendidikan Olahraga FKIP ULM. (admin)

Kegiatan Pembinaan Loncat Indah PPK Ormawa PS Penjas FKIP ULM (doc. Lazuardi)