Persiapan Akreditasi Internasional, 2 PS Ikuti Bimtek

7-8/11/2023

Surabaya – Perwakilan Program Studi (PS) di lingkungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) yang rencananya akan mengikuti akreditasi internasional mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Persiapan Akreditasi Internasional yang diselenggarakan Universitas Airlangga pada Selasa-Rabu, 7-8 November 2023. Kegiatan yang didanai Direktorat Jenderal (Dirjen) Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan teknologi (Kemdikbudristek)dalam bentuk hibah ini diikuti oleh Koordinator PS Penko, Muhammad Rahmattullah, sekretaris PS Penko, Ananda Setiawan, dan Koordinator PS Pendidikan Sejarah, Melisa Prawitasari. Kegiatan tersebut dihadiri ketua Badan Penjaminan Mutu Unair, Nurul Barizah yang sekaligus berperan sebagai narasumber bimtek.

Kegiatan yang digelar di Hotel Swiss-Bell Inn, Manyar, Surabaya ini merupakan lanjutan bimtek sebelumnya pada 16-18 Oktober 2023 yang membahas mengenai penyusunan Kurikulum PS Outcome Based Education (OBE). Dalam pemaparannya, Nurul menjelaskan tentang pentingnya jaminan mutu (Quality Assurance, QA) Perguruan Tinggi (PT). Dengan QA, para alumni akan lebih diminati duni kerja, terlebih dengan QA, segala aspek dalam PT bisa terus ditingkatkan karena secara berkesinambungan dijaga dan ditingkatkan kualitasnya melalui penjaminan mutu. Akreditasi Internasional adalah salah satu usaha meningkatkan kualitas PT, termasuk unsur terkecilnya, PS.

Menurut Ananda yang menjadi salah satu peserta, ia berharap melalui program bimtek persiapan akreditasi internasional ini, didapatkan informasi yang lengkap mengenai akreditasi internasional dan bagaimana penyusunan Self Evaluation Report (SER) serta semua barang bukti yang perlu di persiapkan dalam akreditasi internasional. “Terkhusus dalam menyusun kurikulum program studi yang menjadi fokus utama dalam akreditasi internasional. Informasi yang kami peroleh rencananya juga akan kami diseminasikan kepada PS yang ada di FKIP ULM, utamanya 4 PS yang akan mengusulkan akreditasi internasional insya Allah tahun depan,” ujarnya. (admin)