Jelang Kuliah, 292 Mahasiswa Peserta PPG Prajabatan Hadiri Diklat Orientasi Akademik

05/12/2023

Pimpinan FKIP ULM pada Pembukaan Diklat PPG Prajabatan gelombang 2 Tahun 2023 (doc. Ani Isdiati Basri)

Banjarmasin – Program Studi (PS) Pendidikan Profesi Guru (PPG) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) kembali mengadakan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Orientasi Akademik bagi mahasiswa PPG Prajabatan gelombang 2 tahun 2023. Kegiatan tersebut diadakan pada Selasa, 5 Desember 2023, mulai pukul 09.00 WITA bertempat di General Theatre Building ULM. Kegiatan ini diikuti oleh 292 mahasiswa dari sejumlah bidang studi PPG. Pembukaan diklat dihadiri oleh pimpinan FKIP ULM, di antaranya Dekan, Sunarno Basuki; Wakil Dekan Bidang Akademik, Deasy Arisanty; Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan, Dharmono, dan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Ali Rahman; para Koordinator PS (Korprodi); Kepala Tata Usaha, Ani Isdiati Basri; Subkoordinator Subbagian (Kasubag) Akademik, Akmil Fuadi Rahman; Kasubag Keuangan dan Kepegawaian, Ida Auliani; kasubag Umum dan BMN, Isnawati; Kasubag Kkemahasiswaan dan Alumni, Rabiatul Adawiyah; Koordinator PS PPG, Hidayat Ansori dan pengelola PS PPG lainnya; para admin IT PPG; serta ketua bidang studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Bahasa Indonesia, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), Matematika, Bimbingan dan Konseling, serta Pendidikan Jasmani dan Kesehatan.

Kegiatan ini dibuka oleh Dekan FKIP ULM, Sunarno Basuki. Dalam sambutan pembukaan, ia mengucapkan selamat datang kepada mahasiswa PPG Prajabatan dan meminta mereka untuk studi dengan sungguh-sungguh agar memeroleh hasil maksimal dalam pembelajaran. Ia juga menyampaikan bahwa kuliah di PS PPG FKIP ULM adalah pilihan yang sangat tepat karena FKIP ULM sendiri memiliki kualifikasi yang baik sebagai LPTK (Lembaga Pendidik Tenaga Kependidikan). Ia juga berharap, selain menjalani studi dengan tekun, mahasiswa juga bisa mengenal dengan baik lingkungan FKIP ULM termasuk wilayah pelayanan akademik karena hal tersebut akan membantu kelancaran urusan administrasi dan lainnya.

Kegiatan diklat ini diisi oleh penjelasan mengenai berbagai hal penting terkait proses pembelajaran selama pada perkuliahan PPG Prajabatan, diantaranya, penyampaian visi misi PPG FKIP ULM oleh Korprodi PS PPG, Hidayah Ansori; kurikulum PPG Prajabatan oleh Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan FKIP ULM, Dharmono; sistem perkuliahan PPG Parajabatan oleh sekretaris PS PPG, Mohammad Dani Wahyudi; sistem PPL PPG Prajabatan oleh Hidayah Ansori; dan sistem LMS (Learning Management System) PPG Prajabatan oleh para admin IT PPG, Ahmad Alfan dan Galih Rizki Khairul Ulum. (admin)