AL Pendidikan IPS FKIP ULM, Asesor: Riset Internasional Sudah Profesional

26-27/01/2024

Foto bersama pada penutupan AL PS Pendidikan IPS FKIP ULM (doc. Ponco Sisworo)

Banjarmasin – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) untuk kali ketiga di awal tahun ini menerima asesor Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan (Lamdik) yang melakukan Asesmen Lapangan (AL). AL kali ini diselenggarakan untuk Program Studi (PS) S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Kegiatan dilaksanakan di lingkungan FKIP ULM dan dipusatkan di Ruang Rapat Guru Besar FKIP ULM selama dua hari, Jumat-Sabtu, 26-27 Januari 2024. Dua orang asesor yang bertugas pada AL kali ini adalah Guru Besar Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Suswandari, dan Guru Besar Universitas Negeri Mataram, Syafruddin. Keduanya melakukan asesmen pada UPPS (Unit Pengelola Program Studi) yaitu pihak fakultas yang didampingi Wakil Rektor ULM Bidang Akademik, Iwan Aflanie; Wakil Rektor Bidang Kerjasama, Humas, dan Sistem Informasi, Yusuf Azis; Ketua Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pembelajaran (LPMPP) ULM, Agung Nugroho. Selain UPPS, asesmen juga dilakukan pada PS Pendidikan IPS, dilanjutkan asesmen stake-holder, alumni, mahasiswa, tenaga kependidikan (tendik) dan dosen PS Pendidikan IPS. Asesmen juga dilakukan pada sarana prasarana, dan proses pembelajaran mikro (microteaching).

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Iwan Aflanie, setelahnya dilanjutkan dengan mendengarkan sambutan dari kedua asesor. Sementara itu setelah serah terima berita acara di akhir kegiatan, asesor memberikan sejumlah catatan positif untuk PS Pendidikan IPS dan FKIP ULM sebagai UPPS. Di antara catatan tersebut, dalam hal riset khususnya riset internasional, PS dianggap memiliki konsentrasi yang baik dalam bidang ini sehingga tampak bahwa riset-riset yang dilakukan sudah demikian profesional. UPPS dan Universitas juga dianggap telah memfasilitasi dengan sangat baik riset yang menunjang visi misi lahan basah ULM.

Di lain pihak, dalam menggali para alumni, diketahui bahwa apa yang ditelh didapatkan di PS, banyak membantu mereka memeroleh pekerjaan dan mengembangkan karier, terutama implementasi pembelajaran kontesktual. Kekhasan PS pada etnopedagogik juga sudah sangat bagus, dan direkomendasikan untuk terus dikembangkan. Dengan catatan baik ini, semoga PS Pendidikan IPS mendapatkan hasil terbaik sesuai harapan. (admin)

Foto bersama unit MBKM & unit ICT FKIP ULM di sela praktik pembelajaran mikro dosen PS Pendidikan IPS dalam AL Akreditasi