AL Akreditasi Pendidikan Kimia, Asesor Puji Komitmen UPPS pada Studi Lanjut Dosen & Tendik

29-30/01/2024

Foto bersama di sesi visitasi sarana prasarana AL akreditasi PS Pendidikan Kimia FKIP ULM (doc. tim ICT)

Banjarmasin – Senin dan Selasa, 29-30 Januari 2024, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) kembali menerima asesor akreditas Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan (Lamdik) yang melakukan Asesmen Lapangan (AL) pada Program Studi (PS) Pendidikan Kimia. Kedatangan dua asesor yang juga merupakan Guru Besar pada dua universitas, yaitu Ratnaningsih Eko Sardjono dari Universitas Pendidikan Indonesia, dan Muktiningsih Nurjayadi dari Universitas Negeri Jakarta. Para asesor disambut langsung oleh Rektor ULM, Ahmad Aliem Bahri dan jajaran pimpinan FKIP ULM, yaitu Dekan FKIP ULM, Sunarno Basuki; Wakil Dekan Bidang Akademik, Deasy Ariansty; Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Ali Rahman.

Turut berhadir dalam kegiatan ini diantaranya Wakil Rektor Bidang Akademik ULM, Iwan Aflanie; Ketua Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pembelajaran (LPMPP) ULM, Agung Nugroho; Kepala Bagian Umum FKIP ULM, Ani Isdiati Basri; Ketua Unit Penjamin Mutu (UPM) FKIP ULM, Ananda Setiawan dan tim UPM, Saiyidah Mahtari, Nurul Hidayati Utami, Meliyana Aini, Muhammad Muhaimin, Sauqinah, Tika Puspita Widya Rini, dan Imelda Indah Savitri; Para Kepala Subbagian: Ida Auliani, Isnawati, dan Akmil Fuadi Rahman; Ketua Unit Information Communication and Technology (ICT) FKIP ULM, Nuruddin Wiranda; Koordinator PS Pendidikan Kimia, Rusmansyah dan para dosen di lingkungan Pendidikan Kimia.

Rangkaian agenda dalam kegiatan AL ini adalah asesmen UPPS (Unit Pengelola Program Studi) yaitu fakultas sekaligus asesmen PS, wawancara stake-holder dan alumni, wawancara dosen dan mahasiswa di lingkungan PS Pendidikan Kimia, asesmen tenaga kependidikan (tendik), visitasi sarana prasarana, asesmen pembelajaran mikro, penandatanganan berita acara, dan evaluasi kegiatan oleh asesor.

Pada sesi penutupan, asesor menyampaikan sejumlah rekomendasi untuk pengembangan PS Pendidikan Kimia ke depan, diantaranya pengoptimalisasian kerjasama di bidang tridarma, termasuk pertukaran mahasiswa, menguatkan pembelajaran efektif berbasis Outcome Based Education (OBE), mendorong terus mahasiswa berkompetisi di tingkat nasional baik dari aspek akademik maupun non akademik, meningkatkan penguatan kompetensi tendik pada pelatihan level nasional. Sementara itu, para asesor juga memberikan apresiasi pada pencapaian UPPS maupun PS terkait sarana prasarana, tata kelola yang dianggap sudah konsisten dan memiliki perencanaan berbasis teknologi informasi, serta komitmen yang tinggi dari pimpinan fakultas terhadap pengembangan pendidikan dosen maupun tendik FKIP ULM, khususnya bagi mereka yang studi lanjut.

Kegiatan ditutup oleh Dekan FKIP ULM, Sunarno Basuki yang menyampaikan harapan besarnya agar PS Pendidikan Kimia bisa terakreditasi unggul agar pengembangan PS ke depan dapat dilakukan dengan lebih maksimal. Semoga PS Pendidikan Kimia mendapatkan penilaian akreditasi terbaik sesuai harapan. (admin)