AL Pendidikan IPA FKIP ULM, Asesor: Tingkatkan Kualitas Menuju Akreditasi Internasional

16-17/02/2024

Asesor melakukan visitasi sarana prasarana

Banjarmasin – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) pada bulan Februari 2024 untuk kali ke tujuh, menerima asesor Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan (Lamdik) yang melakukan Asesmen Lapangan (AL) untuk Program Studi (PS) S-1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Kegiatan ini dipusatkan di Ruang Rapat Guru Besar FKIP ULM selama dua hari, Jumat-Sabtu, 16-17 Februari 2024. Dua orang asesor yang bertugas pada AL Pendidikan IPA ini adalah Guru Besar Universitas Pendidikan Indonesia, Diana Rochintaniawati, dan Doktor Universitas Negeri Surabaya, Muhammad Budiyanto.

Kegiatan dibuka oleh Rektor ULM, Ahmad Aliem Bahri dan dihadiri oleh Dekan FKIP ULM, Sunarno Basuki; Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan, Dharmono; Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Ali Rahman; Sekretaris Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pembelajaran (LPMPP) ULM, Arif Solahuddin; Ketua Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (JPMIPA), Syahmani; Koordinator PS Pendidikan IPA, Syubhan Annur; Kepala Bagian Umum FKIP ULM, Ani Isdiati Basri; Ketua Unit Penjamin Mutu (UPM) FKIP ULM, Ananda Setiawan dan tim UPM, Saiyidah Mahtari, Nurul Hidayati Utami, Meliyana Aini, Muhammad Muhaimin, Sauqinah, Tika Puspita Widya Rini, dan Imelda Indah Savitri; Para Kepala Subbagian: Ida Auliani, Isnawati, dan Akmil Fuadi Rahman; Ketua Unit Information Communication and Technology (ICT) FKIP ULM, Nuruddin Wiranda; Ketua Unit Pengelola Kerjasama dan Hubungan Masyarakat (UPKH), Emma Rosana Febriyanti; dan para dosen di lingkungan PS Pendidikan IPA.

Kedua asesor melakukan asesmen dengan agenda asesmen UPPS (Unit Pengelola Program Studi) yaitu pihak fakultas yang dijurubiacarai Dekan FKIP ULM, Sunarno Basuki; asesmen tim task force AL PS Pendidikan IPA, dilanjutkan mewawancarai stake-holder, alumni, tenaga kependidikan (tendik), serta dosen dan mahasiswa PS Pendidikan IPA. Asesmen juga dilakukan pada sarana prasarana, dan proses pembelajaran mikro (microteaching).

Pada sesi penutup, selain penandatangana berita acara, asesor juga memberikan sejumlah catatan untuk PS Pendidikan IPA FKIP ULM. Asesor telah menilai baik visi keilmuan dan misi lembaga dengan ciri khasnya dan melihat perangkat tridarma telah dimaksimalkan untuk mencapainya. Di sisi lain, asesor berharap dalam rangka meningkatkan level akreditasi pada lembaga akreditasi internasional, diharapkan PS Pendidikan IPA dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas laboratorium pendidikan, lab pembelajaran, lab terapan, serta peningkatan kualitas lab murni. PS juga diharapkan lebih meningkatkan dukungan kepada mahasiswa untuk melaksanakan kegiatan  MBKM, meningkatkan prestasi akademik dan non akademik khususnya di level nasional maupun internasional. Para dosen juga diharapkan menyiapkan diri untuk studi lanjut dan meningkatkan kepangkatan khususnya kepangkatan fungsional.

Sementara itu, dalam sambutan penutupnya, Dekan FKIP ULM, Sunarno Basuki mengucapkan terima kasih atas apresiasi dan masukan yang diberikan. Ia menyatakan bahwa pihaknya telah berkomitmen untuk peningkatan kuantitas dan kualitas sarana prasarana khususnya laboratorium melalui kucuran dana BOPTN (Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri). UPPS juga berkomitmen dalam mendorong studi lanjut para dosen dengan membari bantuan pembiayaan studi dengan skema kerjasama bersama sejumlah universitas.

Semoga PS Pendidikan IPA FKIP ULM meraih penilaian terbaik dalam akreditasi program studi. (admin)

Asesor berfoto bersama para alumni PS Pendidikan IPA FKIP ULM yang sebelumnya diwawancarai