Mahasiswa PS PPKn Juarai NUDC & KDMI FKIP ULM 2024

21/02/2024

Suasana NUDC
Suasana KDMI (doc. panitia)

Banjarmasin – Subbagian Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FKIP ULM tahun ini kembali memfasilitasi gelaran lomba NUDC (National University Debating Championship) dan KDMI (Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia) pada tingkat fakultas. Lomba debat bahasa Inggris dan bahasa Indonesia ini merupakan even debat tahunan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) yang seleksi pemenangnya bersifat berjenjang mulai dari level fakultas, level universitas, dan level nasional. Technical Meeting (TM) untuk lomba ini sebelumnya telah dilaksanakan pada Jumat, 16 Februari 2024 di ruang rapat Utility Building.

Kegiatan lomba NUDC dan KDMI sendiri dilaksanakan pada Rabu, 21 Februari 2024 di Student Activity Centre (SAT) ULM mulai pukul 09.00 WITA dengan dewan juri yang ditunjuk untuk NUDC yaitu Elvina Arapah, Nasrullah, dan Emma Rosana Febriyanti yang semuanya merupakan dosen Program Studi (PS) Pendidikan Bahasa Inggris yang telah berpengalaman menilai lomba debat berbahasa Inggris, sedangkan dewan juri untuk lomba KDMI adalah Dian Agus Ruchliyadi, Faradina , dan Arum Murdianingsih.

Berdasarkan informasi panitia, juara pertama pada kedua lomba diraih oleh tim dari mahasiswa PS Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), yaitu Muhammad Tahmidillah & Syari Wulan Safitri untuk NUDC, dan Nursyifa Yulianti & Achmad Syaiba untuk KDMI. Sementara itu pada NUDC, juara 2 diraih Nadya Fitri Azzahra & Gita Nindi Astuti dari PS Pendidikan Bahasa Inggris; dan juara 3 diraih Fenny Afrianti Maylina Prameswari & Najla Nur Salima dari PS Pendidikan Matematika. Best Speaker untuk NUDC adalah (1) Muhammad Tahmidillah dari PS PPKn, dan (2) Gita Nindi Astuti dari PS Pendidikan Bahasa Inggris.

Pada KDMI, juara 2 diraih Cahyani Widya Safitri & Olinda Rizky Amalia dari PS Pendidikan Khusus (PKh); dan juara 3 diraih Rabiatul & Nurlaila dari PS Pendidikan Ekonomi tim A. Pembicara terbaik diraih oleh (1) Cahyani Widya Safitri dari PS PKh, (2) Nursyifa Yulianti dari PS PPKn, (3) Rabiatul dari PS Pendidikan Ekonomi A, dan (4) Gina Mardiana dari PS Pendidikan Biologi.

Selamat kepada para pemenang, semoga terus berprestasi di level selanjutnya, dan menginspirasi yang lain untuk juga bisa menuai prestasi. (admin)