Grup Vokal PS PSP FKIP ULM Berhasil Raih Prestasi di FSPI 2024

24/05/2024

Grup Vokal PS PSP, Swara Banua Group (SBG), peraih juara harapan 1 grup vokal di ajang Festival Seni Pertunjukan Indonesia 2024 (doc. Sherly Nur Hikmah)
Husni Arifin, peraih juara harapan 2 seriosa putra di ajang Festival Seni Pertunjukan Indonesia 2024 (doc. Sherly Nur Hikmah)

Banjarmasin – Grup Vokal Program Studi (PS) Pendidikan Seni Pertunjukan (PS) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lambung Mangkurat (ULM), ‘Swara Banua Group’ (SBG) berhasil meraih prestasi sebagai juara harapan 1 pada ajang Lomba grup vokal yang diikuti oleh berbagai tim grup vokal perguruan tinggi negeri dan swasta tingkat nasional, FSPI (Festival Seni Pertunjukan Indonesia) yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) secara daring pada 29 Maret hingga 24 Mei 2024. Lomba ini melalui 2 tahap, tahap penyisihan dan final. SBG PS PSP masuk sebagai 7 besar finalis pada tahap penyisihan dan berhasil menjadi juara harapan 1 pada final. Di samping itu, mahasiswa PS PSP lainnya, Husni Arifin terpilih sebagai juara harapan 2 kategori penyanyi seriosa putra setelah masuk sebagai 6 besar di babak penyisihan pada lomba yang sama. SBG membawakan lagu “Selamat datang di Banjarmasin” ciptaan Noorhasan, dan Husni Arifin membawakan lagu “Kisah Angin Malam” ciptaan Tjip Iskandar.

Mereka yang berhasil masuk ke tahap final di antaranya grup vokal Universitas Udayana sebagai juara 1, grup vokal UNY sebagai juara 2, grup vokal Universitas Gajah Mada (UGM) sebagai juara 3; grup vokal ULM sebagai juara harapan 1, dan grup vokal Universitas Islam Negeri (UIN) Safudin Zuhri, Purwekerto. Sementara pemenang serioan putra diantaranya, perwakilan UNY sebagai juara 1, juara 2, juara 3, dan juara harapan 1, serta perwakilan ULM sebagai juara harapan 2.

Sementara itu, menurut Sherly Nur Hikmah, dosen PS PSP yang juga menjadi pembina grup vokal dan penyanyi seriosa putra menyampaikan bahwa ajang ini adalah kali kedua mereka ikuti. Ia bersyukur karena berhasil mendapat juara dalam tiap keikutsertaan. “Untuk tahun ini bonusnya seriosa putra yang berhasil dari puluhan peserta berbagai kampus. Untuk ukuran dia sebagai pemula dalam bernyanyi seriosa itu luar biasa. Satu hal yang saya pelajari dari even ini, ternyata bakat mahasiswa kita tidak kalah dengan teman-teman dari provinsi lain.

Tak lupa kami ucapkan terimakasih atas dukungan teknis maupun manajemen dari para dosen PS PSP, pimpinan fakultas, serta rektor dan wakil rektor bidang kemahasiswaan dan alumni, sehingga kami dapat berlatih dan berproses dengan lancar. Apabila pembinaan dan support manajemen dari pihak kampus dapat lebih berkelanjutan dan konsisten, insya Allah ke depan kami bisa lebih baik lagi dalam meraih prestasi,” tambahnya.

Selamat kepada para pemenang, semoga terus mengukir prestasi dan menginspirasi yang lain. (admin)