Dukung Capaian IKU, PS PIPA FKIP ULM Gelar Seminar Nasional

15/06/2024

Sesi foto bersama Seminar Nasional PS Pendidikan IPA FKIP ULM (doc. panitia)

Banjarmasin – Sebagai bagian dari rangkaian program kerja yang dirancang untuk mendukung pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU), Program Studi (PS) Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (PIPA) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) mengadakan kegiatan Seminar Nasional (semnas) dengan tema “Peran Pendidikan IPS dalam Membangun Generasi Unggul dan Berjiwa Entrepreneurship.” Semnas ini diadakan pada Sabtu, 15 Juni 2024 di Aula Rektorat Lantai 1 ULM mulai pukul 09.00 Wita.

Semnas ini menghadirkan Dekan FKIP ULM, Sunarno Basuki sebagai pembicara kunci (keynote speaker) serta dua pemateri yaitu Guru Besar Universitas Negeri Semarang (Unnes), Ani Susilowati, dan Doktor PS Pendidikan Kimia FKIP ULM yang juga merupakan sekretaris LPMPP (Lembaga Penjamin Mutu dan Pengembangan Pendidikan) ULM, Arif Sholahuddin. Moderator pada sesi seminar adalah Yasmine Khairunnisa. Acara dihadiri oleh dosen dan mahasiswa PS PIPA FKIP ULM, dan tamu undangan diantaranya Ketua Jurusan Pendidikan Matematika dan IPA (JPMIPA), Syahmani; Ketua Information Communication and Technology (ICT) FKIP ULM, Nuruddin WIranda; dan Sekretaris ICT, Sa’addudien Khair.

Dalam sambutan pembukaan, Koordinator PS PIPA, Syubhan Annur menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas mahasiswa dan juga menambah wawasan baru keilmuan akademisi PS Pendidikan IPA. “Ke depannya kami akan menjadikan kegiatan ini rutin setiap tahun dengan mengundang berbagai ahli di bidang ke-IPA an dan menjadikan PS IPA terus unggul di berbagai program demi mendukung IKU,” ujarnya berapi-api.

Kegiatan ini tebagi dalam dua sesi yaitu sesi seminar hingga pukul 13.30 WITA dan sesi presentasi makalah mulai pukul 14.00 WITA. Sesi seminar dihadiri sekitar 200 peserta, sementara sesi presentasi diikuti 20 pemakalah, 6 diantaranya mengikuti secara luring yang berasal dari sejumlah universitas yaitu Universitas Terbuka Banjarmasin, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Negeri Makassar, Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari Banjarmasin, dan UIN Sunan Gunung Jati Bandung, dan tentunya dari ULM.

Pada sesi seminar, Dekan FKIP ULM menyampaikan mengenai bagaimana membangun generasi inovator dan wirausahawan masa depan, sedangkan narasumber lainnya, Ani Susilowati menyampaikan presentasi berjudul “Inovasi Pembelajaran IPA dalam Membangun Jiwa Entrepreneurship”. Arif Sholahuddin menyampaikan materi dalam perspektif kritis dengan judul “Mampukah Konstruktivisme Membentuk Entrepreneurship Skill?”

Dalam pemaparannya, Sunarno Basuki menyampaikan tentang pentingnya pendidikan IPA dalam membangun generasi inovator masa depan. Ia menguraikan data terkini tentang kondisi literasi sains Indonesia sekaligus menekankan betapa pentingnya Pendidikan IPA dilaksanakan dengan efektif dan menarik. Guru Besar Pendidikan Jasmani FKIP ULM ini juga menegaskan bahwa jika pembelajaran IPA tidak menarik bagi siswa Indonesia, maka akan sedikit siswa yang tertarik sehingga sedikit juga inovasi berdaya saing yang terlahir dari bangsa. Padahal inovasi adalah bagian penting dalam dunia wirausaha. “Seorang entrepreneur yang sukses bukan hanya produknya saja yang inovatif, tapi juga pola pikir harus imajinatif. Karakter2 tersebut semua bisa dikembangkan di dalam pembelajaran IPA,” ujarnya. (admin)