Kuatkan Motivasi Mahasiswa, PS BK Adakan Seminar Nasional Pendidikan

14/06/2024

Sesi foto bersama (doc. panitia)
Sesi pemaparan materi olah narasumber (doc. panitia)

Banjarmasin – Menyambut Dies Natalis ke-21 sekaligus wahana menguatkan motivasi mahasiswa untuk berkhidmat dalam ilmu kependidikan, Program Studi (PS) Bimbingan Konseling (BK) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) menyelenggarakan Seminar Nasional Pendidikan dengan tema “Eksistensi Peran Pendidikan Dalam Menyongsong Generasi Indonesia Emas 2045”

Seminar Nasional ini diadakan di General Building Lecture Theater pada Jumat 14 Juni 2024 mulai pukul 13.00 WITA dengan menghadirkan narasumber Guru Gembul. Kegiatan ini dibuka dengan penampilan tari Radap Rahayu dan penampilan seni beladiri Merpati Putih oleh mahasiswa BK. Acara dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan, Dharmono dan dihadiri sekitar 221 orang peserta yang hadir di tempat, dan 40 orang peserta daring dari berbagai daerah yang terdiri dari dosen, mahasiswa, guru serta masyarakat umum. Turut berhadir dalam kegiatan ini, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Ali Rachman dan Koordinator PS BK FKIP ULM, Eklys Cheseda Makaria.

Dalam sambutannya, Dharmono mengibaratkan kampus seperti rumah di mana para dosen sebagai orang tua, mahasiswa sebagai anak, dan alumni sebagai kakak. Ketiganya harus bisa bersinergi mencapai tujuan rumah itu sendiri yaitu kesuksesan para penghuni, terutama bagi orang tua, anak-anaknya. Dharmono juga berpesan agar peserta ‘menguras habis dompet pengetahuan’ narasumber agar tiap peserta dapat mengambil manfaat dan pelajaran darinya.

Narasumber, Jafar Rosadi atau yang lebih dikenal sebagai Guru Gembul adalah konten kreator pendidikan. Dalam pemaparannya, ia menyampaikan motivasi pendidikan bagi peserta dan berbagi mengenai hal tersebut dalam sesi tanya jawab. (admin)