Rapikan Pengelolaan Laman PS, Unit ICT FKIP ULM Gelar Bimtek

06-07/07/2024

Foto bersama pengelola ICT, dan peserta bersama Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan, Dharmono (doc. ICT)

Banjarmasin – Unit Information and Communication Technology (ICT) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) pada Sabtu-Minggu, 6-7 Juli 2024, mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penggunaan Aplikasi Open Source untuk Pembuatan dan Pengelolaan website atau laman Program Studi (PS) di Lingkungan FKIP ULM. Bimtek dilaksanakan di Hotel Treepark mulai pukul 08.30 WITA.

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan, Dharmono dan dihadiri pengelola ICT yaitu ketua, Nuruddin Wiranda; sekretaris, Muhammad Sa’aduddien Khair; serta staf, Ponco Sisworo dan Muhammad Naufal Yaasir. Kegiatan utamanya juga dihadiri pengelola laman 21 PS di FKIP ULM beserta perwakilan unit tingkat fakultas.

Narasumber bimtek adalah Nuruddin Wiranda yang memberikan pelatihan tentang pengembangan laman profil PS menggunakan CMS Open Source dan Galih Rizki Khairul Ulum yang memberikan materi tentang penggunaan CMS open source, template dan plugin untuk pengembangan laman PS. Di hari berikutnya para peserta dibimbing untuk menggunakan aplikasi pembuatan dan pengelolaan plugin multibahasa pada laman masing-masing PS di FKIP ULM.

Menurut ketua unit ICT, Nuruddin Wiranda, bimtek penggunaan aplikasi open source untuk pembuatan dan pengelolaan laman PS ini bertujuan untuk melatih kemampuan operator laman PS dalam mengembangkan serta menyeragamkan struktur menu yang disajikan pada laman PS. Kegiatan ini juga dilakukan sebagai upaya fakultas dalam persiapan akreditasi international 9 PS yang akan dilaksanakan tahun ini dan 12 PS lain ditambah 1 program pendidikan profesi yang dipersiapkan pada tahun yang akan datang.

Ia berharap dengan adanya bimtek ini, struktur laman PS di FKIP ULM lebih seragam dan lengkap sesuai dengan standar yang ditetapkan fakultas. Adapun standar yang ditetapkan fakultas mengacu pada standar laman untuk akreditasi internasional. Selain struktur dari sisi struktur, diharapkan laman PS juga akan memiliki fitur multilingual sehingga lebih siap menghadapi akreditasi internasional. Di sisi lain, kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kompetensi operator PS dalam pengembangan laman.

“Setelah bimtek selesai, rencananya akan diadakan evaluasi lebih lanjut terkait struktur menu yang telah disosialisasikan serta kesiapan PS menghadapi akreditasi internasional. Selain itu, akan diadakan berbagai kegiatan lain yang ditujukan untuk meningkatkan kompetensi operator program studi di lingkungan FKIP ULM,” ujarnya. (admin)

Suasana bimtek (doc. ICT)
Foto bersama hari kedua (doc. ICT)