Kunjungan Kerja Sama, FKIP ULM Bertamu di 4 Fakultas di UNY

17/07/2024

Tim di FMIPA UNY
Tim di Fishipol UNY
Tim di FBSB UNY

Yogyakarta – Dalam rangka penginisiasian kerja sama dengan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), tim Fakultas Keguruan dan Pendidikan (FKIP) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) yang terdiri dari Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan, Dharmono; Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Ali Rachman; Sekretaris Bidang Kerja Sama Unit Pengelola Kerja sama dan Hubungan Masyarakat (UPKH), Dewi Dewantara; dan staf UPKH, Muhammad Naufal Yaasir melakukan kunjungan ke beberapa fakultas di lingkungan UNY. Kunjungan dilakukan ke Fakultas Bahasa dan Seni Budaya (FBSB), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), serta Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP).

Di FBSB, tim disambut oleh Dekan FBSB, Nur Hidayanto; Wakil Dekan Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni (AKA), Else Liliani; Wakil Dekan Bidang Perencanaan, Keuangan, Umum, dan Sumber Daya (PKUSD), Cipto Budi handoyo; Wakil Dekan Bidang Riset, Kerjasama, Sistem Informasi, dan Unit Usaha (RKSIU), Zulfi Hendry; Kepala Humas FBSB, serta Sekretaris Humas FBSB. Tim diterima di ruang sidang lantai 2 gedung M. Yamin PLA FBSB UNY. Pada pertemuan ini dibahas rencana kerja sama yang dapat dijalankan kedua kampus, diantaranya join kurikulum dengan harapan dapat menghasilkan kualitas lulusan yang berdaya saing tinggi. Selain itu, pembahasan juga mencakup program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) serta berbagai kegiatan dalam lingkup MBKM seperti pertukaran pelajar dan pertukaran dosen. Di samping itu, kerja sama lanjut studi juga menjadi topik pembahasan, termasuk tawaran agar dosen-dosen di FKIP UNLAM yang ingin melanjutkan studi bisa melakukannya di FBSB UNY.

Tim juga melakukan kunjungan ke Fakultas Ilmu Sosial, Hukum, dan Politik (Fishipol). Mereka disambut oleh Wakil Dekan Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni, Mukhamad Murdiono; Wakil Dekan Bidang Perencanaan, Keuangan, Umum, dan Sumberdaya, Benni Setiawan; dan Kepala UUIK, Poerwati Hadi Pratiwi. Pihak Fishipol UNY menyambut baik rencana Kerjasama dari FKIP ULM dan akan menindaklanjuti dalam bentuk pertemuan secara daring yang melibatkan ketua departemen dan Koordinator Program Studi (Korprodi) dari kedua perguruan tinggi.

Di FMIPA, tim disambut langsung oleh Dekan FMIPA, Dadan Rosana, di di Ruang Sidang 1 FMIPA UN. Dalam sambutannya, Dadan mengatakan bahwa untuk kegiatan kerja sama, FMIPA UNY sangat terbuka. ia berharap, kegiatan kerjasama semacam ini bukan hanya secara administratif, tetapi juga kontekstual yang sifatnya akademik, publikasi dan penelitian bersama, di bidang fisika, matematika, biologi, kimia, dan IPA, serta pendidikan. Sementara itu Dharmono, dalam sambutannya mengungkapkan bahwa FKIP ULM ingin belajar dan bekerjasama dengan FMIPA UNY. Ia mengungkapkan bahwa selama ini sudah ada dosen FMIPA yang pernah menjadi narasumber pada kegiatan akademik di ULM.  “Kegiatan ini harapannya dapat menjadi sarana untuk bersama-sama meningkatkan kualitas pendidikan dan pembelajaran, baik untuk FMIPA UNY maupun FKIP ULM. Semoga kualitas pendidikan di ULM dan UNY dapat terus meningkat menjadi lebih baik”, katanya.

Di FIPP, tim diwakili oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FKIP ULM bersama staf UPKH, Naufal. Mereka diterima oleh Wakil Dekan Bidang Riset, Kerjasama, Sistem Informasi, dan Usaha, Siti Rohmah Nurhayati berserta tim kerjasama FIPP. Dalam sambutannya, ia mengapresiasi maksud dan kedatangan tim kerjasama FKIP ULM dalam upaya membangun kerja sama utamanya di bidang tridarma. Pembicaraan lain yang dibicarakan kedua belah pihak mencakup hal-hal terkait penguatan dalam pencapaian IKU 6 bidang kerjasama, Pada kunjungan ini dilakukan kesepakatan untuk pendatanganan dokumen Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara FKIP ULM dan FIPP UNY. Pembicaraan juga mengarah pada bentuk kerja sama yang dapat dilakukan baik di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian bersama dna juga mengenai studi lanjut dosen. Kedua belah pihak sepakat pentingnya payung hukum bagi sejumlah dosen yang studi lanjut di UNY.(admin)