PS PPG FKIP ULM Siapkan dan Sosialisasikan MK Elektif untuk Peserta PPG 2024

28/08/2024

Dekan FKIP ULM, Sunarno Basuki membuka kegiatan didampingi Korprodi PPG, Hidayah Ansori
Suasana Kegiatan

Kabupaten Banjar – Program Studi (PS) Pendidikan Profesi Guru (PPG) pada Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) pada Rabu, 28 Agustus 2024, menggelar kegiatan Sosialisasi Mata Kuliah (MK) Elektif PPG Prajabatan Semester 1 Gelombang 1 Tahun 2024. Kegiatan ini dilaksanakan di Sky Convention Center mulai pukul 09.00-15.00 WITA. Acara dibuka oleh Dekan FKIP ULM, Sunarno Basuki dan dihadiri diantaranya undangan dari Rektorat ULM, kepala bagian dan kepala subbagian FKIP ULM, ketua dan sekretaris bidang studi, serta guru pamong.

Dalam sambutan pembukaannya, Sunarno Basuki berpesan agar pelaksanaan program PPG dapat memberikan manfaat dan kemudahan bagi para guru yang mengikutinya. Menurutnya, program ini diinisiasi dalam rangka mengangkat harkat dan martabat guru sehingga perlu dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Secara statistik, ada begitu banyak guru yang belum tersertifikasi dan skema baru telah dibuat untuk mempercepat dan semoga mempermudah proses sertifikasi tersebut.

Kegiatan sosialiasi ini dibagi dalam dua sesi yaitu sesi penjelasan kembali mengenai skema terbaru PPG oleh Koordinator PS PPG, Hidayah Ansori dan sesi pengenalan MK Elektif, Inovasi Pembelajaran Lahan Basah oleh Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan, Dharmono.

Terkait pelaksanaan kegiatan ini, Hidayah Ansori menyampaikan bahwa sosialiasi ini dilaksanakan dalam rangka memenuhi permintaan Direktorat Jenderal (Dirjen) GTK (Guru dan Tenaga Pendidik) Kementerian Pendidikan, kebudayaan Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek). FKIP ULM sebagai LPTK diminta menyiapkan MK Elektif dan disepakati bahwa MK tersebut adalah Inovasi Pembelajaran Lahan Basah yang sesuai dengan karakteristik Kalimantan Selatan. Menurut Hidayah, materi yang disampaikan hari ini adalah pemahaman awal, selanjutnya akan ada lokakarya yang lebih intensif bagi dosen pengajar dan guru pamong terkait MK Elektif di LPTK FKIP ULM. (admin)