FKIP Siapkan 7 Labkom untuk Penyelenggaraan UTBK di ULM

30/04/2024

Wakil Rektor Bidang Kerjasama, Humas, dan Sistem Informasi, Yusuf Azis meninjau UTBK di labkom Pendidikan Ekonomi Science didampingi oleh Wakil Dekan FKIP ULM Bidang Umum dan Keuangan, Dharmono

Banjarmasin – Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) kembali diselenggarakan untuk tahun 2024. Tes ini dilaksanakan serentak di sejumlah Perguruan Tinggi di Indonesia termasuk Universitas Lambung Mangkurat (ULM). 9.484 terdaftar sebagai peserta yang mengikuti UTBK di ULM.  Mereka berasal dari berbagai daerah di Indonesia, utamanya Kalimantan Selatan. Tes dilangsungkan dalam 2 gelombang dengan 13 sesi di 10 lokasi fasilitas tes berbasis komputer yang dimiliki ULM termasuk di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Masing-masing sesi akan diikuti oleh 755 peserta. Gelombang pertama dilaksanakan pada selama 7 hari pada 30 April dan 2-7 Mei, sementara gelombang kedua direncanakan pelaksanaannya pada 14-20 Mei. Materi tes yang diberikan pada peserta berupa (1) Tes Potensi Skolastik (TPS), (2) Literasi Bahasa Indonesia, (3) Literasi Bahasa Inggris, dan (4) Penalaran Matematika.

Di FKIP, UTBK dilaksanakan di 6 laboratorium komputer (labkom) yaitu labkom Program Studi (PS) Pendidikan Matematika, labkom Pendidikan Ekonomi Science, labkom PS Pendidikan Komputer, labkom PS Teknologi Pendidikan, labkom Pendidikan Matematika Science, dan labkom PS Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) lantai 1 dan lantai 2. Masing-masing ruang yang digunakan UTBK dikelola oleh para pengawas ujian yang terdiri dari dosen dan kepala subbagian FKIP. Pimpinan dalam hal ini berperan sebagai penanggungjawab lokasi.

Pada hari pertama, pelaksanaan UTBK di FKIP dipantau langsung oleh Wakil Rektor Bidang Kerjasama, Humas, dan Sistem Informasi, Yusuf Azis yang dalam peninjauannya didampingi oleh Wakil Dekan FKIP ULM Bidang Umum dan Keuangan, Dharmono. Dalam keterangannya, Dharmono menyampaikan bahwa FKIP dalam penyediaan sarana prasarana, FKIP siap sepenuhnya dan berusaha untuk memberikan layanan terbaik bagi para peserta.

Sementara itu, menurut Kepala Subbagian Umum dan Barang Milik Negara (BMN), Isnawati dalam penyiapan sarana prasarana (sarpras) untuk UTBK< ia berkoordinasi dengan pimpinan, baik Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan, Dharmono, maupun Kepala Bagian (Kabag) Umum, Ani Isdiati Basri. “Pertama-tama kami mengevaluasi penyelenggaraan UTBK sebelumnya untuk melihat apa yang perlu dibenahi atau ditingkatkan. Karena sudah punya pengalaman, persiapan akan terasa lebih mudah. Persiapan ini sendiri dilakukan sepekan sebelumnya.

Tim yang bertugas dalam persiapan ini terdiri dari tenaga kependidikan (tendik) FKIP dari semua subbagian baik subbag Akademik, subbag Umum dan BMN, subbag Keuangan dan Kepegawaian, dan subbag Kemahasiswaan dan Alumni. Panitia lapangan ini diantaranya tim lapangan dan tim kebersihan dipimpin oleh Aliansyah, tim sekuriti yang dipimpin oleh Sainul, tim teknisi listrik yang dipimpin Setiono, tim konsumsi serta tim TIK (teknologi Informasi dan KOmunikasi) yang dipimpin Ketua Unit Information Communication Technology (ICT), Nuruddin Wiranda yang mengelola TIK di FKIP dibantu staf ICT, Ponco Sisworo untuk pengelolaan TIK di FKIP PS PGSD.

Masing-masing tim memiliki peran vital dalam teknis penyelenggaraan UTBK diantaranya mengarahkan dan mendampingi peserta yang datang agar mereka tidak bingung. “Berdasarkan pengalaman sebelumnya, kebingungan ini sering terjadi bagi calon peserta yang sebelumnya tidak melakukan pengecekan ruangan. Tim lapangan juga membantu mengarahkan apa yang harus dilakukan peserta sesuai dengan aturan penyelenggaraan ujian. Tim kebersihan memastikan ruangan bersih dan steril sebelum dan sesudah tes, tim lain juga bekerjasama dalam kelancaran pelaksanaan UTBK ini. ” tambah Isnawati. Menurutnya temua anggota tim pelaksana berperan penting dalam terlaksananya UTBK.

Selamat menjalani UTBK bagi para peserta semua, semoga beroleh hasil tes sesuai dengan harapan. (admin)