13-16/11/2024
Banjarmasin – Program Studi (PS) Pendidikan Profesi Guru (PPG) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) pada 14-16/11 menerima asesor yang mewakili Direktorat Jenderal (Dirjen) Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek). Para asesor yaitu Sukmawati dan Andrian Wijaya yang datang dalam rangka monitoring dan evaluasi penjaminan mutu di PS PPG FKIP ULM. Tim monev disambut oleh Wakil Dekan Bidang Akademik, Deasy Arisanty dan Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan, Dharmono serta Koordinator PS PPG, Hidayah Ansori; pengelola PS PPG; dan para penanggungjawab bidang studi PPG.
Sejumlah hal menjadi sasaran monev, diantaranya aspek visi dan tujuan PS PPG, kesesuaian tujuan dengan petunjuk teknis yang tertuang dalam Rencana Strategis (Renstra) dan Rencana Operasional, serta capaian dan rencana pengembangannya; kinerja Gugus Penjamin Mutu (GPM) PS dengan berbagai evaluasi yang dilakukan dan laporannya sebagai dasar bagi pengembangan PS PPG yang akan datang; ketersediaan Sumber Daya Manusia (SDM) (pengelola, dosen pengajar, guru pamong PPL, tim IT dan staf yang berkualitas sesuai syarat yang ditentukan dalam juknis); lulusan yang dihasilkan yang dituntut profesional dalam bidang pendidikan; sarana dan prasarana penunjang kegiatan PPG di LPTK (ruang kelas, peralatan pendukung, laboratorium studi dan laboratorium komputer, aksesibilitas internet, fasilitas pendukung lainnya; ketersediaan sarana dan prasarana sekolah mitra untuk PPL dan sumber daya nya).
Aspek lain yang dimonev yaitu pengelolaan keuangan yang mampu melaporkan implementasi keuangan yang sesuai dengan Rencana Anggaran Belanja (RAB) yang telah ditetapkan; kurikulum dan perangkat yang sesuai juknis baik mata kuliah wajib, selektif dan elektif, serta kelengkapannya; penilaian proses pembelajaran terutama dosen mengajar dan berbagai foto kegiatan dan bentuk nyata; penilaian kepuasan layanan yang diberikan PPG kepada publik; penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang terfokus pada PTK (Penelitian Tindakan Kelas -red) dan Best Practice yang dipublikasi, terutama dosen homebase PPG dan melibatkan mahasiswa dalam kegiatannya; kerjasama mitra dengan bukti kelengkapannya (dokumen Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerja Sama), serta luaran dari tiap kegiatan yang telah dilakukan.
Menurut salah satu pengelola PPG yang juga bertanggungjawab dalam penjaminan mutu PS PPG, Mahrudin, pihaknya telah menyampaikan data yang diminta oleh asesor, mulai dari Kelengkapan data profil PS PPG pada website PS, Renstra dan Renops, data SDM PS PPG (pengelola, dosen, guru pamong, mahasiswa dan alumni), data Audit Mutu Internal, sejumlah Pedoman Operasional Baku, data tracer study dan dampak lulusan, data fasilitas pendukung sarana dan prasarana, data pengelolaan keuangan, data kurikulum dan perangkatnya yang selalu ditinjau dan pengembangannya serta Rencana Tugas Mahasiswa di modul ajar, serta kelengkapan data pembelajaran yang dilakukan, data penilaian proses pembelajaran dan kepuasan pelayanan yang integrasi di SIMARI, data penelitian dan pengabdian masyarakat dosen terutaman dosen homebase, serta luaran kegiatan lainnya.
Sejumlah masukan diberikan oleh asesor, termasuk optimalisasi pelibatan mahasiswa dalam penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, kelengkapan data evaluasi pada pembelajaran, kinerja dosen, tracer study dan dampak lulusan, serta perlunya untuk selalu meninjau implementasi Rentra dan Monev. “Rekomendasi ini akan ditindaklanjuti pada RTL (Rencana Tindak Lanjut) PS PPG,” tambah Mahrudin. (admin)