Peran Matchmaker U.S. Embassy bagi Perguruan Tinggi, FKIP ULM Bisa Ambil Peluang

28/01/2023

Banjarmasin – Di sela kedatangan deputi bidang kebudayaan Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia (U.S. Embassy), Mary Trechock pada dua agenda terpisah yang keduanya terkait dengan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) yaitu pelatihan strategi pembelajaran Universal Design for Learning pada Program Studi (PS) Pendidikan Khusus (PKh) dan Pembentukan dan Sosialisasi Waste Bank (bank sampah), ia juga menyempatkan untuk berbincang dengan sejumlah pihak, yaitu Dekan FKIP ULM, Chairil Faif Pasani; ketua Unit Pengelola Kerjasama dan Hubungan Masyarakat (UPKH), Nanik Mariani; sekretaris UPKH, Elvina Arapah; dosen Universitas negeri Yogyakarta (UNJ) yang menjadi ketua program Pelatihan PS PKh, Pujaningsih, dan Koordinator PS PKh, Utomo

Dalam perbincangan ini, Mary menyampaikan bahwa pihak kedutaan memfasilitasi berbagai hal terkait kerjasama dalam bidang pendidikan antara kampus di Indonesia dan kampus di Amerika Serikat . Menurut Mary lebih lanjut, beberapa hal yang selama ini telah dikerjasamakan di antaranya adalah kedutaan memberikan bantuan dalam usaha calon penerima beasiswa ke Amerika Serikat, semisal Fullbright atau LPDP untuk mendapatkan beasiswa terutama pada pemberian informasi lewat program Teman LPDP; program Higher Education Partnership yang salah satunya pemberian beasiswa di mana salah satu dosen FKIP ULM, Dini Noor Arini tahun 2022 berhasil mendapatkannya; program hibah dari Regional English Language Office (RELO); dan program lain seperti beasiswa Language Teaching Assistant.

Kedutaan juga berperan sebagai matchmaker atau penghubung antara universitas dalam negeri dengan universitas di Amerika Serikat dalam kerjasama pendidikan dan hal lainnya, termasuk memberikan rekomendasi dan bantuan dalam peningkatan kapasitas sumber daya manusia melalui pelatihan di universitas di Amerika Serikat, dan dalam mengadakan narasumber pelatihan yang bisa diundang ke Indonesia. (admin)