Sosialisasi Program Peningkatan Kualitas Ormawa FKIP ULM

17/02/2023

Foto bersama Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni bersama anggota ormawa, para pembina dan undangan lainnya.

Banjarmasin – Subbagian Kemahasiswa dan Alumni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) pada Jumat, 17 Februari 2023 mulai pukul 09.30-11.00 WITA di Aula Hasan Bondan FKIP ULM mengadakan kegiatan sosialisasi program peningkatan kualitas organisasi mahasiswa (ormawa) FKIP ULM. Kegiatan ini merupakan aktivitas turunan dari sosialisasi yang sama yang dilakukan di tingkat universitas namun dengan peserta sasaran yang lebih spesifik. Tujuan kegiatan ini selain mensosialisasikan program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) juga memotivasi dan mengarahkan pegiat ormawa dalam menyusun proposal program.

Dalam kegiatan ini disampaikan 16 topik pengabdian yang menjadi proyek pemberdayaan masyarakat oleh ormawa dalam rangka peningkatan kualitas kelembagaan ormawa. Kemdikbudristek sendiri pada 2023 ini mengalokasikan dana masing-masing sekitar Rp40.000.000,00 ditambah dana pendamping untuk Perguruan Tinggi (PT) untuk 600 judul proposal yang disetujui. Tiap universitas diharapkan mengirim 1 proposal PT dan 16 sub proposal yang berasal dari proposal usulan ormawa di lingkungan PT. 16 topik yang dimaksud adalah (1) desa/ kelurahan wirausaha, (2) SMART Farming, (3) sekolah perempuan, (4) desa/ kelurahan digital, (5) sanggar tani muda, (6) kampung konversi toga, (7) rumah sampah digital, (8) desa/ kelurahan sehat, (9) desa/ kelurahan cerdas, (10) kampung iklim, (11) desa/ kelurahan maritim, (12) desa hutan, (13) desa seni dan budaya, (14) desa olahraga, (15) desa wisata, (16) topik bebas. Narasumber dalam penyampaian materi sosialisasi ini adalah Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dwi Atmono, dan Koordinator Program Studi Pendidikan Ekonomi, Muhammad Rahmattullah.

Peserta yang hadir dalam kegiatan ini adalah pengurus ormawa di lingkungan FKIP ULM seperti Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM), Unit kegiatan Mahasiswa (UKM) Forum Studi Islam (FSI) Al Furqon, UKM FKIP Mengajar, dan sejumlah Himpunan Mahasiswa Program Studi; para pembina ormawa, dan undangan lainnya.

Menurut Muhammad Ramadhani, ketua UKM FKIP Mengajar, kegiatan sosialisasi ini penting bagi ormawa. Menurutnya, program ini dapat meningkatkan kualitas ormawa dengan dukungan dari berbagai pihak dan dapat menjadi penyemangat ormawa dalam hal pengabdian di masyarakat. Ia berharap agar nantinya proposal yang diajukan UKM FKIP Mengajar bisa lolos seleksi. (admin)