Penandatanganan Surat Perjanjian Kerjasama MBKM Asistensi Mengajar FKIP ULM dengan Sekolah Mitra

21/02/2023

Pertemuan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan sekolah mitra MBKM Asistensi mengajar

Banjarmasin – Bertempat di ruang rapat Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (JPMIPA), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan melalui Unit Pengelola Kerjasama dan Hubungan Masyarakat (UPKH) mengadakan acara penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) antara kepala sekolah mitra dengan FKIP ULM terkait pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Asistensi Mengajar. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya di mana kerjasama dengan sekolah mitra adalah untuk pelaksanaan PPL (Praktik Pengalaman Lapangan), tahun ini PPL dileburkan sebagai mata kuliah rekognisi untuk MBKM Asistensi Mengajar yang diterapkan dengan pola berbeda. Meski berbeda namun respon undangan yang hadir demikian baik.

Dalam kegiatan ini ada 59 PKS yang ditandatangani antara FKIP ULM dengan sekolah mitra yang berada di wilayah Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, Kabupaten Batola, dan Kabupaten Banjar. Di antara sekolah yang melakukan PKS dengan FKIP ULM adalah SD IT Ukhuwah Banjarmasin, SDN 1 Landasan Ulin Barat, SLB A Negeri 3 Martapura, SMPN 15 Banjarmasin, SMPN 3 Banjarbaru, SMP Santa Maria Banjarmasin, MA Muhammadiyah Banjarmasin, MAN 1 Banjarmasin, SMK Telkom Banjarbaru, SMAN 1 Rantau Badauh, SMAN 1 Martapura, dan sejumlah sekolah lainnya.

Menurut Wakil Dekan Bidang Akademik, Atiek Winarti, skema Asistensi Mengajar berbeda dari PPL, “Ada dua kali periode mahasiswa di kampus, dan dua kali periode mahasiswa ke sekolah. Tiap periode menggunakan metode pembelajaran berbeda, project based dan problem based,” ujarnya. Dekan FKIP ULM, Chairil Faif Pasani menambahkan bahwa mahasiswa akan di sekolah penuh waktu karena mata kuliah mereka di semester ini direkognisi ke program MBMK Asistensi Mengajar ini. “Kami berharap semoga sekolah dapat menerima mahasiswa kami dengan baik dan mereka dapat menyesuaikan diri dengan budaya sekolah,” tambahnya. (admin)

Prosesi penandatanganan dengan salah satu kepala sekolah