Gelorakan Semangat Kompetisi Akademik, PS Pendidikan IPA FKIP ULM Gelar Lomba Debat Lomba Debat

10/06/2024

Suasana lomba (doc. panitia)
Para pemenang (doc. panitia)

Banjarmasin – Dalam upaya menggelorakan semangat berkompetisi akademik bagi mahasiswa sekaligus menunjang ketertcapaian Indikator Kinerja Utama (IKU), Program Studi (PS) Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (PIPA) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) mengadakan lomba debat tingkat nasional dengan tema “Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa yang Berjiwa Pancasila dan Berjiwa Entrepreneurship dalam Membangun Nasionalisme Bangsa”. Lomba ini bertempat di Aula 4 Student Activity Centre (SAC) General Utility Building ULM.

Acara ini dibuka oleh Syubhan Annur, Koordinator PS (Korprodi) PS PIPA. Dalam sambutannya, Syubhan menekankan pentingnya kegiatan debat dalam melatih kemampuan berpikir kritis serta semangat kebangsaan di kalangan mahasiswa. Sejalan dengan itu, dalam sambutannya, Ketua Panitia sekaligus Pembina Kemahasiswan PS PIPA, Rizky Febriyani Putri juga menyampaikan agar dalam berlomba para peserta menjunjung sportivitas. “Semoga lomba debat ini menjadi wadah untuk mengasah keterampilan berpikir kritis, analitis, dan berargumentasi secara persuasif, khususnya bagi mahasiswa FKIP se-Indonesia,” ujarnya.

Kompetisi ini diikuti oleh 10 tim dari dua universitas, yaitu ULM dan Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari. Para peserta bersaing ketat dalam babak penyisihan untuk menunjukkan kemampuan mereka dalam berdebat dan menyampaikan argumen yang solid. Berperan sebagai juri pada lomba ini, dosen FKIP ULM, Nurul Huda dan Aulia Novitasari, serta Desy Purwasih, dosen Universitas Negeri Jogjakarta (UNJ). Penilaian dilakukan berdasarkan kemampuan analisis, ketepatan argumen, dan kekuatan retorika setiap tim.

Tim yang berhasil meraih juara diantaranya, Tim Civic Wonder dari PS Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) FKIP ULM, beranggotakan Muhammad Tahmidillah, Nursyifa Yulianti, dan Ahmad Syaiba sebagai juara 1. Tim Sains Team dari PS Pendidikan IPA FKIP ULM, beranggotakan Dessi Nur Anggraeni, Khairunnida, dan Anna Selpia sebagai juara 2. Tim Uno English 22 dari PS Pendidikan Bahasa Inggris FKIP ULM, beranggotakan Muhammad Faqih Muqaddam, Alya Syawalita Putri, dan Muhammad Fari Rofif sebagai juara 3.

Acara yang berlangsung sejak 10.00 WITA ini berjalan menarik. Selama kompetisi, suasana dinamis dan penuh semangat. Setiap tim yang terdiri dari tiga orang beradu argumen mengenai mosi-mosi yang telah ditetapkan sebelumnya. Salah satu mosi yang menarik perhatian adalah dan menjadi perdebatan sengit adalah mengenai keterbukaan terhadap investasi asing merupakan kunci utama pertumbuhan ekonomi Indonesia yang inklusif dan berkelanjutan. Mosi ini menantang para peserta untuk mengkaji secara kritis aspek-aspek ekonomi dan kebijakan investasi di Indonesia.

Salah satu anggota tim pemenang, Muhammad Tahmidillah menyampaikan, “Menurut kami kegiatan ini memberikan nilai positif tentunya untuk semua kalangan karena sebagai media diskusi dalam membicarakan suatu permasalahan yang terjadi di masyarakat. Dari sini lah peran kita sebagai generasi penerus untuk mewujudkan keadilan dan kesetaraan dalam masyarakat yang pada akhirnya terdapat problem yang signifikan. Oleh karena perlu ada nya kegiatan ini sebagai wujud penanaman pemikiran kritis terhadap berbagai macam hal yang terjadi di sekitarnya.” (kontributor tulisan: panitia)

(admin)