Pasca Pembekalan, FKIP ULM Siap Lepas Mahasiswa ke Luar Negeri

30/08/2024

Foto Bersama Mahasiswa Program MBKM Keluar Negeri dengan Pimpinan ULM pada Perayaan Kemerdekaan RI, 17 Agustus (doc. Unit MBKM)
Foto Bersama Pembekalan (doc. Unit MBKM)

Sepuluh mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) siap dilepas ke luar negeri setelah mengikuti pembekalan yang dilaksanakan oleh Unit Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) FKIP ULM. Pembekalan dilaksanakan pada pekan ketiga Agustus di Smartclass Room MBKM dan diikuti mahasiswa peserta program SEA (South East Asia) Teacher yang merupakan program pertukaran mahasiswa di Asia Tenggara di mana FKIP ULM telah berpartisipasi sejak 2017 serta peserta program Proyek Kemanusiaan Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI).

Para mahasiswa tersebut diantaranya Muhammad Bintang Putera Gemilang dari Program Studi (PS) Pendidikan Sejarah, Hunafa Silahil Barira dari PS Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD), Suci Ella Noventi dari PS Pendidikan Geografi, Muhammad Riky Rahman dari PS Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI). Keempat mahasiswa ini mengikuti program Proyek Kemanusiaan MRPTNI ke Inti University, Malaysia. Sementara itu mahasiswa yang mengikuti program SEA Teacher adalah Muhammad Salman ‘Anshari Rizky dari PS Pendidikan Komputer, Gya Noza Talenta Maharani dari PS Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Amanda Amalia Asyifa dari PS Bimbingan dan Konseling, Muhammad Iqbal Wahyudi dari PS Pendidikan Seni Pertunjukan (PSP), Regina Miaza Savitri dari PS Pendidikan Khusus (PKh), dan Muhammad Hafizhi dari PS Pendidikan Seni Pertunjukan (PSP). Enam mahasiswa ini akan mendatangi UIC (University of Immaculate Conception)/ ISAT (Iloilo Science and Technology University), Filipina.

Menurut ketua Unit MBKM, Raisa Fadilla, pembekalan yang diterima 10 mahasiswa ini meliputi pembelajaran mikro (23 dan 26 Agustus), Bahasa Inggris dan Etika & Budaya (27 Agustus), dan materi Psikologi (30 Agustus). “Alhamdulillah, pembekalan yang dilaksanakan berjalan dengan lancar. Semoga ke depan proses keberangkatan dan kegiatan di negera tujuan juga lancar,” ujarnya. Terkait mahasiswa program IISMA (Indonesian International Student Mobility Awards) dari FKIP, Muhammad Arsyad yang merupakan mahasiswa PS Pendidikan Bahasa Inggris, pembekalannya telah dilaksanakan oleh pihak Rektorat ULM. Arsyad akan belajar sebentar di Universiti Malaya, Malaysia pada bulan September mendatang.

Selamat menjalani pengelaman baru bagi para mahasiswa program MBKM ke luar negara ini. Semoga lancar dan sukses. (admin)